Advertisement

Guna Sempurnakan Perlindungan Konsumen, BI Lakukan Penerbitan PBI

Guna Sempurnakan Perlindungan Konsumen, BI Lakukan Penerbitan PBI
Bank Indonesia. Sumber: poskota.co.id
Editor : Terasbekasi1 Bekasi — Rabu, 6 Januari 2021 17:30 WIB

Jakarta – Kabar baik datang dari Bank Indonesia (BI). Pasalnya BI sudah menyempurnakan ketentuan perlindungan untuk konsumen dengan upaya menerbitkan Peraturan Bank Indonesia (PBI) No.22/20/PBI/2020 tentang Perlindungan Konsumen Bank Indonesia."Penyempurnaan ketentuan ini diantaranya menyesuaikan ruang lingkup perlindungan konsumen BI. Sebelumnya, hanya mencakup sistem pembayaran, kini mencakup seluruh bidang tugas kewenangan BI sesuai dengan peraturan perundang-undangan, yaitu bidang moneter, makroprudensial, dan sistem pembayaran," ujar Kepala Departemen Komunikasi, Erwin Haryono, pada Rabu, (6/1/2021).

Penyelenggara yang harus termasuk dalam cakupan Perlindungan Konsumen BI meliputi, Penyelenggara di bidang sistem pembayaran,  Penyelenggara Kegiatan Layanan Uang, Pelaku Pasar Uang dan Pasar Valuta Asing, dan  Pihak lainnya yang diatur dan diawasi oleh BI.  Ketentuan ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan."Penyempurnaan ketentuan dilakukan sebagai bagian dari komitmen BI dalam mendukung kebijakan perlindungan konsumen nasional dengan menerapkan kebijakan yang relevan dan sejalan dengan praktik terbaik internasional," lanjutnya.

Sedangkan dilansir dari poskota.co.id, penguatan kebijakan Perlindungan Konsumen juga dilakukan untuk semakin menyeimbangkan hubungan antara Penyelenggara dengan Konsumen, menjawab tantangan dan perkembangan inovasi finansial serta digitalisasi produk dan/atau layanan jasa keuangan dan sistem pembayaran. Pokok-pokok pengaturan yang disempurnakan dalam PBI ini antara lain meliputi redefinisi konsumen dan penyelenggara, penyesuaian ruang lingkup perlindungan konsumen BI, penyempurnaan prinsip perlindungan konsumen, penguatan fungsi pengawasan melalui pengawasan perilaku penyelenggara dalam rangka Perlindungan Konsumen, fungsi edukasi, dan penanganan pengaduan, serta e penguatan aspek-aspek perlindungan konsumen di era digital.

 

PBI ini juga mencabut PBI No.16/1/PBI/2014 tentang Perlindungan Konsumen Jasa Sistem Pembayaran (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 10, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5498). "Sementara itu, semua peraturan perundang-undangan BI yang merupakan peraturan pelaksanaan dari PBI No.16/1/PBI/2014 dinyatakan masih tetap berlaku sepanjang tidak bertentangan dengan ketentuan dalam PBI No.22/20/PBI/2020 tentang Perlindungan Konsumen Bank Indonesia," ucapnya diakhir. (fka)



Bank Indonesia Penerbitan PBI Perlindungan Konsumen

Loading...

Related Post