Advertisement

Jack Ma dan Beberapa Pebisnis Dikabarkan Menghilang Setelah Kritik China

Jack Ma dan Beberapa Pebisnis Dikabarkan Menghilang Setelah Kritik China
Jack Ma/Foto: Getty Images/AFP/P. Lopez
Editor : Terasbekasi3 Bekasi — Selasa, 5 Januari 2021 15:00 WIB

Jakarta - Salah satu orang terkaya di China, Jack Ma kini menjadi sorotan. Pendiri e-commerce terbesar Alibaba ini dikabarkan menghilang sejak bulan November 2020, setelah dirinya mengkritik sistem keuangan China.

Dilansir dari detik.com, hal ini sudah bukan menjadi kabar terbaru lagi, pasalnya hilangnya pebisnis seperti Jack Ma, sudah seringkali terjadi di China setelah mengkritik pemerintah China. Salah satunya Ren Zhiqiang, seorang pensiunan konglomerat real estate dari China, yang juga dikabarkan menghilang seperti halnya Jack Ma.

Ren menghilang setelah dirinya menuduh Partai Komunis yang berkuasa di China yang mengalami kesalahan dalam menangani pandemi virus Corona. Kabar kehilangan tersebut terungkap setelah Beijing mengaku menghukum Ren hingga 18 tahun kurungan penjara.

Kabar kehilangan juga pernah dialami Xiao Jianhua, seorang manajer aset, yang diculik dari sebuah hotel di Hong Kong pada Januari 2017. Xiao dikabarkan menjadi seorang tahanan China, dan negara tersebut juga menyita sebagian besar aset perusahaannya, Tomorrow Group.

Pemerintah China menuduh Xiao dan taipan lainnya menggaet calon investor dari pasar saham negara tersebut.

Selain dari kalangan pebisnis, China juga dilaporkan pernah menangkap beberapa kalangan dari kritikus pemerintah, atas tanggapannya terkait persoalan pandemi. Salah satunya Xu Zhangrun, seorang profesor hukum, dan Zhang Xuezhong, seorang pengacara dari hak asasi manusia.

Begitu juga dengan Meng Hongwei, mantan kepala Interpol yang juga dikabarkan menghilang pada September 2018 dalam perjalanannya ke China dari Prancis. Pada Januari lalu, China telah memberikan hukuman kepadanya selama 13,5 tahun penjara atas tuduhan penyuapan. (wte)

Jack Ma Hilang Pebisnis Kritik China

Loading...

Related Post