Advertisement

Proyek Toilet Sekolah Bernilai Rp 96,8 M, KPK: Sudah ada Verifikasi dan Telaah Pihak Pelapor

Proyek Toilet Sekolah Bernilai Rp 96,8 M, KPK: Sudah ada Verifikasi dan Telaah Pihak Pelapor
Plt Juru Bicara Bidang Penindakan KPK Ali Fikri. Sumber: tribunews.com
Editor : Terasbekasi1 Bekasi — Selasa, 12 Januari 2021 11:41 WIB
Teras Bekasi,  Jakarta – Pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)  mengungkap telah menerima laporan masyarakat mengenai dugaan korupsi dalam proyek pembangunan toilet di sekolah di Kabupaten Bekasi yang menelan anggaran Rp96,8 miliar.

 Tim KPK bahkan sudah melakukan proses verifikasi dan telaah atas laporan tersebut.

"Sudah ada verifikasi dan telaah oleh tim pengaduan masyarakat KPK kepada pihak masyarakat pelapor namun demikian tentu terkait materi laporan tidak bisa kami sampaikan," sebut  Plt Juru Bicara Penindakan KPK, Ali Fikri saat dikonfirmasi, Senin (11/1/2021) dalam tribunews.com.

Prosedur proses verifikasi dan telaah ini dilakukan untuk memastikan laporan tersebut masuk ranah tindak pidana korupsi yang menjadi kewenangan KPK.

Dirinya menegaskan bahwa KPK akan mengambil langkah dengan proses hukum yang berlaku jika hasil proses verifikasi dan telaah menemukan adanya indikasi peristiwa tindak pidana korupsi terkait laporan tersebut.

"Apabila dari hasil telaahan dan kajian memang ditemukan adanya indikasi peristiwa pidana maka tidak menutup kemungkinan KPK tentu akan melakukan langkah-langkah berikutnya sebagaimana hukum yang berlaku," seru Ali.

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Bekasi menganggarkan Rp98 miliar untuk pembangunan 488 toilet di sejumlah institusi pendidikan.

Langkah itu dilakukan sebagai upaya mempertahankan predikat Kabupaten Sehat melalui program mewujudkan daerah yang bersih, aman, nyaman dan sehat menuju Indonesia Sehat.

Terlebih di masa pandemi Covid-19 dan rencana pembukaan sekolah tatap muka di 2021.

Berdasarkan data di situs lpse.bekasikab.go.id, salah satu sekolah yang menerima kegiatan pembangunan WC yakni, SD Negeri Magunjaya 04, Jalan Kedondong, Kecamatan Tambun Selatan senilai Rp196,8 juta.

Dalam situs itu juga disebutkan, pagu anggaran yang disediakan mencapai Rp198,5 juta hanya untuk sarana penunjang toilet sekolah. (fka)



Toilet Sekolah 96 8 M KPK

Loading...

Related Post