Advertisement

Kekurangan Tenaga Medis Saat Pandemi, Menkes: Perawat Tanpa STR Boleh Langsung Kerja

Kekurangan Tenaga Medis  Saat Pandemi, Menkes: Perawat Tanpa STR Boleh Langsung Kerja
Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin. Sumber: BNPB
Editor : Terasbekasi1 Bekasi — Selasa, 12 Januari 2021 10:58 WIB
Teras Bekasi, Jakarta –  Penambahan kasus positif Covid-19  yang melonjak hingga kini 9 ribu-10 ribu per hari membuat para tenaga kesehatan keteteran.

Kepala Kementrian Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan bahwa  lonjakan kasus positif covid-19 itu membuat Indonesia kini tak hanya kekurangan kapasitas tempat tidur di rumah sakit, namun juga kekurangan perawat dan dokter untuk merawat para pasien terjangkit.

Dengan menanggulangi masalah kekurangan tersebut, pemerintah melonggarkan aturan terkait rekrutmen perawat baru. Aturan yang dimaksud yakni Surat Tanda Registrasi (STR) para tenaga kesehatan.

Pada konferensi pers Senin (11/1/2021), Budi menerangkan sudah merelaksasi aturan STR bagi perawat supaya dapat segera praktik di rumah sakit.

"Pasti akan kekurangan dokter dan perawat. Saya sudah merelaksasi beberapa aturan yang mengizinkan agar perawat-perawat yang belum memiliki Surat Tanda Registrasi atau STR resmi boleh langsung masuk bekerja," terang Budi, Senin lalu (11/1/2021) pada tribunews.com.

Kini jumlah perawat yang belum memiliki STR diperkirakan mencapai 10 ribu orang. Budi menambahkan, pihaknya juga sedang mengkaji agar tenaga dokter bisa langsung bekerja menangani pasien Ccovid-19.

"Perawat itu sekitar 10 ribu, saya sedang mengkaji dengan tim IDI dan Kemenkes agar dokter-dokter juga bisa begitu, ada sekitar 3-4 ribu dokter yang bisa kita masukkan," sambungnya. (fka)



Perawat Tenaga Medis Pandemi Covid-19 Menkes Tanpa STR Pemerintah

Loading...

Related Post