Advertisement

Menolak Vaksinasi Corona? Siap-siap Hukuman Penjara 1 Tahun

Menolak Vaksinasi Corona? Siap-siap Hukuman Penjara 1 Tahun
Wamenkumham Prof Edward OS Hiariej. Sumber: Youtube/Kompas TV
Editor : Terasbekasi1 Bekasi — Senin, 11 Januari 2021 22:35 WIB

Teras Bekasi, Jakarta – Kepala Kementrian Kesehatan, Budi Gunadi menegaskan setiap individu penerima SMS vaksinasi covid-19 dari Kemenkes, wajib hukumnya melakukan vaksinasi.

Perlu diingat, vaksinasi covid-19 di Indonesia akan segera dimulai besok lusa tepat 13 Januari 2021, ditandai dengan penyuntikan perdana Presiden Jokowi. Seusai itu, barulah esok harinya, tenaga kesehatan menjadi kelompok prioritas perdana yang divaksin.

Di samping itu, masih banyak pertanyaan yang muncul terkait program ini. Wamenkumham Prof Edward OS Hiariej ikut serta menegaskan, akan ada sanksi yang mengancam bagi siapa saja yang menolak vaksin corona. Penetapan tersebut mengacu pada Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

Edward menjelaskan, dalam Pasal 93 UU Nomor 6 Tahun 2018 tertulis setiap orang yang tidak mematuhi penyelenggaraan kekarantinaan kesehatan atau menghalangi penyelenggaraan kekarantinaan kesehatan dapat dipidana.

"Dengan penjara paling lama satu tahun atau denda maksimal Rp100 juta," tegas Wamenkum dalam 'Webinar Nasional: Kajian Hukum, Kewajiban Warga Negara Mengikuti Vaksinasi' yang dihelat PB IDI, dikutip dalam kumparan.com pada Senin (11/1).

"Dan ini ciri khas UU administrasi yang terdapat sanksi pidana. Ini dikenal dengan nama pidana administratif," tambah Wamenkum.

Wamenkum membeberkan alasan mengapa ada ancaman sanksi. Sebab, di UU Kekarantinaan Kesehatan tersebut, terdapat kewajiban-kewajiban yang harus dilakukan warga negara ketika masa wabah, salah satunya mengikuti vaksinasi.

"Ketika kita mengatakan vaksinasi ini kewajiban maka secara mekanisme maka jika ada warga negara tidak mau divaksin bisa kena sanksi pidana. Bisa denda, bisa penjara, bisa juga kedua-duanya," jelasnya.

"Tindakan apa yang tidak sesuai UU Kekarantinaan Kesehatan, misalnya tidak memakai masker, tidak menjaga jarak, pengambilan paksa jenazah COVID-19, lalu menghalangi pemakaman jenazah COVID-19, termasuk di dalamnya orang yang menolak untuk dilakukan vaksin terhadap dirinya," sambung Edward. (fka)

Vaksinasi Covid-19 Penjara 1 Tahun Wamenkumham Kemenkes

Loading...

Related Post