Advertisement

Critical Eleven, Waktu Kritis Kecelakaan Pesawat

Critical Eleven, Waktu Kritis Kecelakaan Pesawat
Ilustrasi pesawat terbang. Foto: dok. Unsplash.com/@trinitymmoss
Editor : Terasbekasi3 Teknologi — Senin, 11 Januari 2021 12:10 WIB

Teras Bekasi, Bekasi - Plus Three Minus Eight atau biasa dikenal dengan critical eleven merupakan waktu kritis dalam penerbangan pesawat, yaitu tiga menit setelah lepas landas dan delapan menit sebelum mendarat.

Dilansir dari ABC News, penulis buku “The Survivors Club - The Secrets and Science That Could Save Your Life” dan presiden dari ABC News, Ben Sherwood mengatakan, terdapat beberapa langkah yang harus diperhatikan oleh penumpang pada periode critical eleven tersebut.

Langkah yang harus penumpang perhatikan yaitu, penumpang dan awak kabin yang berada dalam pesawat diharuskan untuk tidak tidur. Penggunaan sepatu dengan alas rata sangat disarankan ketika akan naik pesawat, untuk memudahkan penumpang pesawat menyelamatkan diri disaat sedang mengalami kondisi yang darurat.

Adapun penggunaan sabuk pengaman juga harus dipastikan terpasang dengan kencang, dan penumpang  pun disarankan untuk tetap berada di kursi masing-masing selama 11 menit tersebut.

Dilansir dari CNN Indonesia yang mengutip dari griffithinjurylaw, pada saat pesawat sedang melakukan lepas landas dan pendaratan, merupakan waktu yang berbahaya untuk orang yang berada di pesawat. Hal tersebut berdasarkan kemungkinan besar adanya kecelakaan yang biasanya terjadi pada saat beberapa menit pertama dan terakhir dari penerbangan menjelang pendaratan.

Langkah-langkah tersebut menjadi himbauan untuk kita semua untuk tetap waspada dan sebagai pencegahan ketika sedang melakukan perjalanan saat menggunaan transportasi umum pesawat terbang.  (wte)

Critical Eleven Kecelakaan Pesawat Sriwijaya

Loading...

Related Post