Advertisement

Mulai Hari Ini, PPKM Resmi Diberlakukan di Kab. Bekasi

Mulai Hari Ini, PPKM Resmi Diberlakukan di Kab. Bekasi
Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) resmi diberlakukan di Kabupaten Bekasi mulai tanggal 11-25 Januari 2021. Foto: bekasikab.go.id
Editor : Terasbekasi3 Kabupaten Bekasi — Senin, 11 Januari 2021 10:04 WIB

Teras Bekasi, Cikarang Pusat – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) akan diberlakukan secara efektif di Kabupaten Bekasi mulai tanggal 11-25 Januari 2021. Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja, mengeluarkan kebijakan tersebut sebagai kelanjutan dari Keputusan Gubernur Jawa Barat No. 443/Kep.10-Hukham/2021 tentang pemberlakuan PSBB Proporsional di 20 daerah kabupaten/kota di Jawa Barat, berdasarkan arahan langsung dari pemerintah pusat.

Adapun ketentuan dari kebijakan tersebut tercantum dalam Instruksi Bupati Bekasi Nomor 1 tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), sebagai upaya penanganan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Bekasi.

Instruksi pembatasan kegiatan masyarakat tersebut seperti diterapkannya Work From Home (WFH) oleh tempat kerja/perkantoran sebesar 75 persen dan sebesar 25 persen dilakukan Work From Office (WFO), dan disertakan dengan pemberlakuan protokol kesehatan yang lebih ketat. Begitu juga dengan kegiatan belajar mengajar (KBM) yang diinstruksikan untuk dilakukan secara daring/online.

Selain itu, sektor esensial dan industri yang memiliki keterkaitan dengan kebutuhan pokok masyarakat, masih tetap beroperasi 100 persen, disertai pengaturan jam operasional/shift dan kapasitas, begitu juga kegiatan konstruksi beroperasi beroperasi 100 persen, yang disertai penerapan protokol kesehatan lebih ketat.

Kegiatan restoran (makan/minum di tempat) dilakukan secara 25 persen. Namun, layanan pesan antar atau dibawa pulang diperbolehkan disesuaikan dengan jam operasional restoran. Batasan jam operasional tersebut dilakukan hingga pukul 19.00 WIB, berlaku untuk pusat perbelanjaan/mall/restoran.

Adapun kegiatan di tempat ibadah dan kapasitas moda transportasi masih tetap dapat dilaksanakan dengan kapasitas 50 persen, yang juga disertai oleh protokol kesehatan lebih ketat. Namun, kegiatan, acara/event kemasyarakatan, budaya, kesenian dan olahraga harus ditunda yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

Dari kewajiban tersebut masyarakat diwajibkan untuk tetap menaati protokol kesehatan, yang jika dilanggar akan dilakukan penerapan sanksi. (wte)

Kab. Bekasi Bekasi PPKM. PSBB

Loading...

Related Post