Advertisement

Vaksinasi Covid-19: Siapa Saja Sasaran di Kota Bekasi?

Vaksinasi Covid-19: Siapa Saja Sasaran di Kota Bekasi?
Walikota Kota Bekasi, Rahmat Effendi (Pepen). Sumber: Tangkapan Layar Instagram @bangpepen03
Editor : Terasbekasi1 Kota Bekasi — Jumat, 8 Januari 2021 17:59 WIB

Bekasi – Walaupun vaksinasi Covid-19 diawali oleh orang pertama Republik Indonesia, yakni Presiden Joko Widodo, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi membeberkan, jika vaksinasi tahap awal di Bekasi akan diberikan kepada tenaga kesehatan. Tenaga kesehatan di Kota Bekasi sendiri berjumlah 11.983 jiwa, jumlah tersebut yang akan terlebih dahulu mendapatkan vaksin.

Pepen menambahkan, penentuan sasaran ditetapkan melalui koordinasi kementrian dan lembaga melalui sistem satu data.

Kemudian, selain tahap awal, pemerintah Kota Bekasi juga telah menetapkan kelompok yang berhak mendapatkan vaksin terlebih dahulu. "Dan tahap 2 vaksinasi dilakukan pada petugas layanan publik pada periode Januari sampai April 2021, berjalan paralel dengan tahap 1, untuk jumlah pada tahap 2 belum ada informasi," ujarnya, pada Jumat (08/1/2021).

Dirinya menginginkan dengan adanya vaksinasi tersebut mampu memutus mata rantai penyebaran Covid-19 serta memberi perlindungan khusus bagi masyarakat Indonesia.

"Untuk jumlah sasaran ini masih bersifat dinamis dan Kota Bekasi mengikuti perkembangan informasi dari pusat," timpanya.

Wali Kota Rahmat Effendi menuturkan bahwa mengikuti arahan dari Menteri Kesehatan, pemrosesan vaksinasi akan diutamakan untuk kelompok usia rentan mulai 18-59 tahun merupakan kelompok tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan, petugas pelayanan publik, lansia, serta baru ditujukan untuk masyarakat umum.

Sementara itu, untuk contact tracing atau kontak erat Covid-19 merupakan orang yang memiliki riwayat kontak dengan kasus probable atau terkonfirmasi Covid-19 serta administrator yang ikut serta dalam pelayanan publik.

"Vaksinasi dilaksanakan di puskesmas atau fasilitas kesehatan yang telah terdaftar di Dinas Kesehatan di 42 Puskesmas, 46 RS dan 32 klinik se-Kota Bekasi," paparnya.

Pepen menekankan bahwa pemerintah Kota Bekasi akan menerima vaksin dari Pemerintah Pusat yang nantinya disebarluaskan kepada masyarakat melalui unit-unit kesehatan di Kota Bekasi. Vaksinasi Covid-19 tentunya diberikan tanpa ada biaya pungutan sepersen pun alias digratiskan. (fka)



Covid-19 Kota Bekasi Pepen Pemkot Tenaga Kesehatan Vaksinasi

Loading...

Related Post