Advertisement

Bak Primadona, Harga Kedelai Naik Lagi?

Bak Primadona, Harga Kedelai Naik Lagi?
Produsen tempe di Cipayung yang menaikan harga jual. Sumber: poskota.co.id
Editor : Terasbekasi1 Bekasi — Kamis, 7 Januari 2021 16:57 WIB

Jakarta – Saat ini, kedelai bak primadona yang mengalami pelonjakan harga tinggi. Produsen tempe tahu masih kewalahan menghadapi kenaikan harga kedelai yang menjadi bahan baku produksi. Alhasil, untuk kedepannya belum ada tanda-tanda harga kedelai akan turun meski sudah berlangsung selama hampir dua pekan.

Menurut salah satu produsen tempe tahu, Indah 41 Tahun berlokasi di Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, pihaknya hingga kini cukup kewalahan atas kondisi yang terjadi.

Karenanya, sampai kini harga kedelai berkisar Rp9.200 per kilogram. Kenaikan tersebut merupakan hasil dari kesepakatan para produsen tempe tahu setelah mogok produksi, adapula yang terpaksa merubah ukuran produksinya.

"Harganya masih tinggi banget. Makanya setelah mogok produksi tiga hari harganya dinaikkan 20 persen, kalau saya sih produksi tetap, enggak merubah ukuran. Hanya harganya saja dinaikkan, buat menutup ongkos produksi " ungkapnya, Kamis (7/1/2021) pada poskota.co.id.

Seraya itu, Ketua Pusat Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia (Puskopti) DKI Jakarta, Sutaryo menegaskan bahwa kenaikan harga tempe berkisar dari Rp5 ribu ke Rp6 ribu perpapan. Para produsen juga telah sepakat menaikan harga jual hingga maksimal 30 persen dari harga sebelumnya saat kedelai di pasaran Rp7.200 perkilogram.

"Sebenarnya untuk stok kedelai di pasaran memang dari awal tidak langka, stoknya ada. Yang kami permasalahkan adalah harganya yang melambung dan naik dalam waktu singkat. Apalagi stok kedelai di pasaran sekarang masih hasil impor dari Amerika,"  tegas Sutaryo.

Sutaryo juga menambahkan terjadinya kenaikan harga kedelai merupakan bentuk imbas dari China yang meningkatkan impor ke Amerika. Akibatnya, hal inipun diprediksi akan terus berlanjut karena baru pada awal Maret 2021 kontrak dagang berakhir.

 "Makanya kalau enggak dikunci harganya minggu depan bisa naik lagi. Karena prediksinya harga terus naik sampai akhir Februari (2021). Kalau naik kan harus merubah harga lagi," tutupnya. (fka)

 

Harga Kedelai Tahu Tempe Primadona Harga Kedelai Naik

Loading...

Related Post